Jumat, 29 April 2016

Kue khas bangka belitung

1. Resep Membuat Kue Jongkong Khas Bangka Belitung

Resep Membuat Kue Jongkong Khas Bangka Belitung – Bangka belitung merupakan daerah yang memang cukup terkenal akan kuliner yang dimilikinya. Danb salah satu makanan khas Bangka belitung adalah kue jongkong. Kue jongkong ini merupakan makanan enak yang terbuat dari campuran tepung beras dan tepung tapioka. Kue tradisional jongkong khas banegka belitung ini biasanya memiliki 3 lapis warna namun ada juga yang membuatnya hanya satu warna saja atau hanya dua warna. Kue jongkong ini memiliki rasa yang enak karena dibuat dengan perpaduan berbagai bahan seperti kelapa muda, garam dan gula merah. Kue jongkong ini termasuk salah satu jenis kue yang sangat mudah untuk kita buat. Meskipun makanan ini berasal dari daerah Bangka belitung, namun anda juga dapat membuatnya dan akan menghasilkan rasa yang enak bahkan lebih enak karena disini kami akan berbagi rtesepnya tentang prose dan cara pembuatan kue jongkong enak. Warna yang biasa dimiliki kue jongkong ini diantaranya adalah warna putih, warna hijau dan warna hitam. Memang makanan yang sangat unik da enak, juga banyak digemari oleh semua orang tidak hanya orang bangka bahkan sampai diluar daerah bangka pun banyak yang menggemarinya.
Resep Membuat Kue Jongkong Khas Bangka Belitung
Bahan :
  • tepung tapioka 350 gr
  • tepung beras 35- gr
  • 1/2 sendok teh garam halus
  • gula merah secukupnya ( disisir halus )
  • 1 buah kelapa muda
  • air kapur sirih 3 sendok teh
  • perasan air daun suji 50 ml
  • santan kelapa secukupnya
  • kelapa parut untuk taburan secukupnya
Cara Membuat Kue Jongkong :
  1. Campurkan tepung beras, tepung tapioka, garam, santan, perasan air daun suji dan air kapur sirih
  2. Masukkan juga gula merah kedalamnya sambil diaduk hingga tercampur rata
  3. Aduk-aduk terus bahan yang dicampur sampai menjadi adonan yang halus dan kental
  4. Tuang adonan kedalam daun pisang yang sudah dibentuk seperti mangkuk secukupnya
  5. Kemudian kukus sampai benar-benar matang
  6. Angkat kue yang sudah matang lalu diamkan sampai dingin
  7. Potong-potong adonan lalu siap disajikan
Sajikan kue jongkong ini dengan taburan kelapa parut sehingga kue ini menjadi lebih enak dan lebih gurih lagi. selamat mencoba Resep Kue Jongkong Khas Bangka yang enak ini.
Bong Li Piang, Manisnya Kue Khas Pulau Bangka
Mendengar nama kuliner Bong Li Piang, pasti yang ada di dalam benak Anda adalah makanan ini berasal dari negeri Tiongkok. Namun jangan salah kira, ternyata cemilan yang satu ini berasal dari negeri sendiri tepatnya di Pulau Bangka, Bangka Belitung.

2. KUE BONG LI PIANG


Asal mula kue Bong Li Piang terjadi saat Suku Hakka yang berasal dari Tiongkok, melakukan imigrasi besar-besaran ke wilayah selatan termasuk Pulau Bangka. Merasa cocok dan dapat berbaur dengan masyarakat Pribumi, masyarakat Suku Hakka mulai menetap dan mempelajari budaya lokal.

Perpaduan budaya antara pribumi dan Suku Hakka meluas hingga ke bidang makanan. Bahan-bahan yang mudah didapatkan dan cita rasa yang sama membuat kue Bong Li Piang kemudian tercipta.



Terbuat dari komposisi Terigu, santan, gula aren, dan nanas. Kue Bong Li Piang memiliki rasa yang manis dan sedikit gurih. Pada bagian dalam kue, nanas yang telah diolah menjadi selai membuat kue ini menjadi terasa lebih nikmat dan sangat pas dihidangkan bersama kopi atau teh saat pagi dan sore hari.

Nama Bong Li Piang terdiri dari Bong li yang berarti nanas dan Li yang berarti kue kering. Kue ini menjadi salah satu oleh-oleh khas Pulau Bangka selain kemplang dan terasi. Harganya yang relatif murah mulai dari Rp10.000 hingga Rp15.000 menjadikan kue ini relatif terjangkau bagi para penikmat kue khas nusantara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar