Sabtu, 30 April 2016

Makanan khas Bangka Yaitu Bakso Super Gurih

Lezatnya Bakso Bangka Bikin Ketagihan





Lezatnya bakso Bangka bikin ketagihan, kuliner dari olahan daging sapi ini menjadi kuliner lezat dan primadona bagi masyarakat Bangka. Walaupun bukan termasuk kuliner asli Bangka, tapi Anda wajib mencicipi bakso buatan orang Bangka ini karena rasanya tidak kalah lezat dibandingkan bakso Jawa tempatnya berasal. Pedagang yang menjual bakso ini pun rata - rata adalah orang Jawa yang tinggal di Pulau Bangka, dimana mereka mengenalkan kuliner bakso dengan dasar resep Jawa tapi berbahan dasar daging olahan dari Pulau Bangka sehingga menciptakan perpaduan rasa yang sempurna. Untuk cara pembuatannya pun sama, yang membedakannya adalah bahan dasar daging yang menggunakan daging sapi asli Bangka. Yang membuat kuliner bakso ini menjadi begitu spesial dan digandrungi banyak orang adalah kuah kaldu daging sapinya yang sangat terasa di lidah dan aroma kaldunya yang akan membuat perut Anda langsung berbunyi keroncongan. Kuah kaldu daging sapinya selalu dipanaskan di dalam panci besar yang apabila tutup pancinya dibuka, aroma kaldu daging sapi ini langsung keluar dan akan tercium dari kejauhan sekalipun !




Untuk dapat menikmati bakso Bangka, Anda tidak perlu bersusah payah mencarinya karena banyak sekali pedagang bakso yang menjajakan kuliner ini baik di rumah makan, menggunakan gerobak maupun motor. Harga yang dipatok untuk semangkok bakso pun tidak begitu mahal, sekitar 12.000 - 15.000 per porsi, sehingga kuliner yang satu ini cocok untuk dinikmati sebagai selingan makan di sore hari. Banyak sekali orang mulai dari anak - anak hingga orang tua yang memenuhi warung makan bakso karena kuliner ini cocok untuk segala umur. Pedagang yang menjual bakso ini pun tidak cuma ada di warung, tapi banyak pedagang bakso yang menjajakan dagangannya dengan membawa motor atau dikenal dengan sebutan pedagang bakso motor. Dengan cara ini tentu memudahkan pembeli karena tidak perlu repot untuk pergi ke rumah makan. Biasanya pedagang bakso motor yang berkeliling memiliki cara kreatif untuk memberitahukan keberadaan mereka yaitu bunyi 'ting 'ting 'ting yang berasal dari mangkok bakso kosong yang dipukul dengan sendok. Dengan cara ini, para pembeli pun tahu saat mereka mendengar bunyi 'ting 'ting 'ting, itu berarti ada pedagang bakso motor yang akan sebentar lagi lewat.




Sajian bakso Bangka mungkin agak sedikit berbeda dengan bakso Jawa, yaitu dengan disediakannya jeruk kunci atau jeruk asam asli Bangka sebagai pengganti cuka untuk menambah kelezatan pada bakso. Pulau Bangka memang terkenal dengan melimpahnya hasil pertanian jeruk kunci atau jeruk asam khas Bangka, begitulah masyarakat Bangka memanggilnya. Jeruk dengan ukuran sedikit lebih besar dari kelereng dengan rasa yang sangat asam, sangat cocok untuk pengganti cuka dan juga tentu jauh lebih sehat karena rasanya yang asam menandakan kandungan vitamin C yang tinggi. Selain jeruk kunci, bahan lain yang disediakan untuk ditambahkan ke dalam racikan kuliner bakso adalah potongan tahu pong / tahu goreng khas Bangka, tapi tidak semua pedagang melakukan hal ini. Tentu kedua bahan ini menambah kelezatan kuliner bakso khas Bangka ini, rasa asam yang segar, aroma kaldu yang sedap, daging bakso yang bersih tanpa zat berbahaya seperti boraks atau pengawet berbahaya lainnya, potongan irisan tahu pong yang menambah isian dalam kuah, membayangkannya saja sudah membuat ngiler apalagi Anda mencicipinya. Supaya memudahkan Anda untuk menikmati wisata kuliner Pulau Bangka yang beraneka ragam, Kami menawarkan paket Bangka tour ( sudah termasuk sewa mobil dan antar jemput bandara ) dengan harga yang tidak akan menguras kantong Anda. Ayo tunggu apalagi, surga wisata alam dan surga kuliner sedang menunggu Anda di Pulau Bangka.
 
 RESEP BAKSO SUPER GURIH
 
 
Resep bakso sapi super gurih merupakan salah satu dari banyak jajanan yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Meskipun bakso termasuk dalam resep masakan Indonesia, namun awal kehadiran bakso di tanah air sebagian besar dipengaruhi oleh budaya kuliner dari China. Bakso yang umumnya dengan ciri khas berbentuk bulat juga merupakan salah satu kuliner yang kini telah dikenal hampir diseluruh dunia. Di negara barat, bakso yang umumnya berbahan utama dari campuran tepung sagu atau kanji dan daging sapi cincang dengan tekstur kenyal ini dikenal dengan nama meatball yang jika diterjemahkan memiliki arti bola daging.
Bakso menjadi lebih nikmat manakala disantap selagi hangat dalam keadaan cuaca yang cukup dingin. Selain memiliki efek menghangatkan, bakso juga memiliki kandungan gizi yang baik karena mengandung banyak, protein, kalsium, karbohidrat serta kandungan kalori yang dibutuhkan untuk menjadi tenaga.
Jika Anda merupakan salah satu penggemar bakso dan ingin membuatnya sendiri dirumah, maka majalah aneka resep masakan akan memberikan tips bagaimana membuat bakso sapi dengan mudah, cepat dan praktis untuk Anda. Adapun terdapat beberapa bahan-bahan yang perlu Anda persiapkan terlebih dahulu, antara lainnya yaitu sebagai berikut:
Resep bakso sapi super gurih
Bahan-bahan utama membuat bakso sapi:
500 gram daging sapi giling
1/2 sendok makan garam
1 liter air untuk merebus

Bumbu utama bakso yang dihaluskan:
1 sendok teh merica bubuk
2 siung bawang putih berukuran sedang
3 sendok makan tepung kanji
1 telur ayam yang diambil putihnya saja
1/4 sendok teh baking soda (untuk mendapatkan tekstur bakso yang kenyal)
1/2 bungkus bumbu kaldu sapi
2 sendok makan margarin atau 2 sendok minyak goreng
400 cc air dingin (air es)

Bumbu kuah bakso (per-porsi):
1/4 sendok teh garam
1/4 sendok teh penyedap rasa
1 sendok teh minyak goreng
Bawang goreng secukupnya
1 batang seledri di iris halus
Cuka sesuai selera
Sambal sesuai selera

Cara pembuatan bakso sapi super:
- Pertama-tama giling daging sapi hingga menjadi lembut, letakkan pada wadah semacam baskom kemudian campurkan bersama dengan bumbu-bumbu utama lainnya seperti merica, bawang putih, tepung kanji, baking soda, kaldu sapi dan minyak goreng.
- Tambahkan air es dan putih telur kemudian aduk hingga adonan merata dan menjadi kenyal atau kurang lebih selama 30 hingga 45 menit. Fungsi air es adalah untuk membuat daging menjadi lebih kenyal karena apabila menggunakan air biasa, maka daging akan menjadi sulit kenyal. Setelah tingkat kekenyalannya dirasa telah cukup, maka Anda bisa langsung membentuknya menjadi bola-bola bakso. Caranya adalah memasukkan adonan kedalam genggaman tangan lalu keluarkan secara perlahan melewati sela-sela ibu jari dan telunjuk. Untuk mempermudah dalam membuat bentuk yang membulat dan simetris, Anda bisa menggunakan alat bantu berupa sebuah sendok makan.
- Didihkan air lalu ceburkan satu-persatu bakso-bakso yang telah dibuat. Biarkan hingga matang dan mengambang kemudian tiriskan.
Cara pembuatan kuah bakso:
- Setelah bakso matang, maka kini waktunya untuk membuat kuahnya. Gunakan sebuah mangkuk kemudian masukkan bumbu-bumbu kuah bakso yang telah Anda siapkan.
- Tuangkan air kuah bakso kedalam mangkuk kurang lebih sebanyak 100 cc.
- Masukkan bakso kedalamnya kemudian tambahkan sambal agar lebih nikmat.
- Bakso sapi super pun siap disajikan.
Demikian tips dan cara dalam membuat sebuah sajian istimewa bakso sapi kuah yang bisa Anda coba saat memiliki waktu luang dirumah. Bagi Anda yang memiliki selera akan aneka kuliner pedas, maka tentunya salah satu resep yang bertema resep telur balado pedas pada artikel sebelumnya tak akan Anda lewatkan guna menjadi salah satu referensi kegiatan masak memasak Anda dirumah. Selamat mencoba!.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar