Sabtu, 30 April 2016

Makanan Sate khas Bangka

Resep Sate Pentul Daging Sapi Khas Bangka Belitung

Resep Masakan Daging (Khas Bangka Belitung) - Halo pecinta Resep Masakan Indonesiaku. Saya masih ingin berbicara tentang masakan sate. Seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa sate tidak hanya milik suatu daerah, tapi juga sate bisa kita temukan di hampir berbagai daerah di Indonesia dengan berbagai bahan olahan.
Untuk itu, Bangka Belitung pun punya resep sate yang tidak kalah menariknya dari daerah-daerah lain. Sate ini berbahan dasar daging sapi yang dicincang halus dan dibentuk bulat seperti kelereng yang ditusuk oleh tusukan sate.

Resep Sate Pentul Daging Sapi Khas Bangka Belitung
(Sate Pentul Daging Sapi, Sumber Foto: bingdotcom)

Itu kenapa sate ini disebut Sate Pentul Daging Sapi.

Sebenarnya sate ini cukup sederhana dan hampir sama dengan sate pada umumnya dalam hal pembuatannya. Namun tidak ada salahnya jika kita mencoba membuatnya dirumah.

Hal ini karena tentu saja, bahan yang digunakan untuk membuat sate ini sedikit berbeda dengan bahan sate lainnya. Dan itulah yang membuat sate ini memiliki ciri khas tersendiri.

Bahan yang digunakan untuk membuat sate, selain daging sapi, yaitu bawang merah, bawang putih, pala halus, ketumbar dan jintan yang sudah disangrai, garam dan juga merica. Inilah rahasia bumbu yang digunakan sate khas Bangka Belitung.

Namun untuk sambal/sausnya, kita hanya memerlukan kecap manis, bawang merah, cabai rawit merah serta jeruk limau. Cukup sederhana tapi akan membuat sate pentulya lebih istimewa.

Bagaimana cara membuatnya? Berikut penjelasan Resep Sate Pentul Daging Sapi Khas Bangka Belitung untuk anda semua.

Waktu Persiapan
Waktu Memasak
Total Waktu
: 20 menit
: 40 menit
: 60 menit
Disajikan untuk
Level
: 3 orang
: Mudah

Bahan-bahan:


  • Cincang halus 500 gram daging sapi
  • Bawang merah sebanyak 6 butir
  • Bawang putih sebanyak 4 siung
  • Pala halus sebanyak ¼ sendok teh
  • Sangrai ketumbar sebanyak ¼ sendok teh
  • Sangrai jintan sebanyak ¼ sendok teh
  • Garam dan merica secukupnya
  • 12 buah tusuk sate


Bahan Sambal Kecap:


  • Kecap manis sebanyak 5 sendok makan
  • Bawang merah sebanyak 3 butir
  • Cabai rawit merah sebanyak 6 buah
  • Jeruk limau sebanyak 2 buah


Cara Membuat Sate Pentul Daging Sapi:


  1. Siapkan ulekan lalu masukan bahan-bahan seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar dan jintan. Ulek semua bahan tersebut sampai benar-benar halus lalu tambahkan pala halus dan aduk-aduk sampai tercampur rata.
  2. Selanjutnya daging sapi yang sudah dicincang halus dicampurkan dengan bumbu halus yang sudah dibuat diberi garam dan merica secukupnya. Aduk semua bahan dan pastikan daging sapi tercampur dengan baik.
  3. Setelah tercampur kemudian ambil daging dan bentuk bulat sebesar kelereng lalu tusukan pada tusuk sate. Lakukan hal ini sampi daging habis dan sisihkan.
  4. Berikutnya siapkan arang, nyalakan, lalu bakar sate tadi diatas arang sampai matang atau berubah warna. Angkat lalu sisihkan.
  5. Kemudian membuat sambal kecap. Caranya iris tipis bawang merah beserta cabai rawit lalu campurkan dengan kecap manis, aduk-aduk lalu beri air perasan jeruk limau diatasnya. Aduk kembali sampai tercampur rata.
  6. Tahap akhir yaitu penyajian. Siapkan piring saji lalu letakan sate yang sudah matang dan siram dengan sambal kecap tadi diatas sate.
  7. Sate Pentul Daging Sapi pun siap untuk dinikmati.


Sate ini sangat cocok jika dikonsumsi dengan nasi putih hangat yang pulen. Tentu akan menambah selera makan anda.

Jika anda tidak suka dengan sambal kecapnya, anda boleh membuat sambal lain kesukaan anda, baik itu sambal kacang ataupun sambal yang lainnya. Saya sendiri lebih suka dicampur dengan saus sambal yang pedas.

Demikian Resep Sate Pentul Daging Sapi Khas Bangka Belitung yang mudah-mudahan bisa menambah wawasan anda tentang masakan sate dan masakan Indonesia tentunya.

Ayo bergabung dengan saya dengan cara subscribe di kotak berlangganan dibawah ini. Bantu juga saya untuk share resep ini kepada para pecinta masakan Indonesia lainnya.

Resep Sate Ikan Tenggiri Khas Bangka Sedap

Resep Sate Ikan Tenggiri Khas Bangka Sedap – Ikan tenggiri memang salah satu ikan yang serba guna. Ikan ini biasanya dijadikan sebagai bahan dasar untuk membuat makanan. Terdiri dari berbagai jenis makanan yang terbuat dari ikan tenggiri ini misalnya seperti baso ikan, siomay ikan, otak-oatak ikan tenggiri, kerupuk dan lain sebagainya. Daging ikan tenggiri saat ini akan kami jadikan sebagai bahan dasar untuk membuat sate atau yang lebih sering dikenal dengan sate ikan tenggiri. Sate ikan tenggiri merupakan salah satu makanan khas dari kepulauan Bangka. Makanan ini tentunya sangat menarik perhatian bagi masyarakat luas karena sate yang biasanya dibuat dengan bahan dasar daging kambing, sapi atau ayam, namun kali ini berbeda dengan dengan sate pada umumnya karena terbuat dari daging ikan tenggiri. Bagi anda yang mungkin sudah bosan dengan sate kambing atau jenis sate yang pada umumnya, tidak ada salahnya jika anda membuat sate ikan tenggiri supaya lidah anda juga tidak merasa bosan dengan sate yang itu-itu aja. Untuk resep membuatnya akan kami paparkan untuk anda yang ingin mencobanya.
Cara Membuat Sate Ikan Tenggiri
Bahan :
  • 1 kg daging ikan tenggiri
  • santan kelapa kental 1 liter
  • 2 batang seledri ( cincang halus )
  • tepung sagu 200 gr
  • 2 batang bawang daun polong ( iris halus )
  • 1½ sendok makan garam halus
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok teh penyedap rasa
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 10 butir bawang merah ( haluskan )
  • 5 siung bawang putih ( haluskan )
  • 2 sendok makan air jeruk nipis
  • tusuk sate secukupnya
Cara Membuat Sate Ikan Tengiri :
  1. Ikan dicuci terlebih dahulu sampai bersih
  2. Lumuri ikan dengan air jeruk nipis lalu dicuci kembali
  3. Campurkan ikan dengan bumbu yang dihaluskan lalu diblender hingga halus
  4. Tuang kedalam wadah lalu campurkan dengan semua bahan lainnya, aduk rata
  5. Masukkan adonan kedalam loyang yang sudah dioles dengan minyak
  6. Kukus adonan sampai benar-benar matang hingga tidak menempel pada loyang
  7. Angkat adonan lalu potong-potong dengan ukuran sesuai selera
  8. Semat tiap potongan adonan dengan tusuk sate secukupnya ( lakukan hingga selesai )
  9. Sajikan sate ikan tenggiri diatas piring saji
Sate yang memiliki citarasa asin dan gurih ini memang sangat cocok dijadikan sebagai menu hidangan tambahan disetiap keluarga. Tidak hanya masyarakat Bangka yang dapat menikmati sate ikan tenggiri ini, masyarakat manapun tentunya dapat menikmati makanan ini. Demikianlah Resep Sate Daging Ikan Tengiri dari kami, selamat menikmati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar