Sabtu, 30 April 2016

macam-macam jenis kue yang menjulur lidah di Bangka

Kuliner Bangka - Resep Kue Semprit Khas Bangka

Kuliner Bangka - Resep Kue Semprit Khas Bangka : Nama yang begitu unik. Kenapa makanan yang satu ini dikatakan kue semprit. Karena dari cara membuat kue semprit dengan cara di semprit / sempret. Beginilah bentuk cetakan dari kue semprit dengan ragam jenisnya.

Cara membuat kue semprit pun cukup mudah. Biasanya kue semprit ini hadir pada saat momen hari raya besar yang dapat anda temukan hampir di setiap rumah yang anda kunjungi. Atau kue semprit cocok juga sebagai cemilan sehari - hari sebagai teman dikala menonton tv, mengerjakan tugas dan sebagainya.

Resep Kue Semprit atau Sempret Bukan Sompret Apalagi Kampret

Bentuk kue dapat ditemui berbagai bentuk, tergantung selera pembuatan dan cetakan yang digunakan oleh pembuat kue. Pada umumnya berbentuk persegi panjang, bunga mawar, segitiga dan sebagainya. Perpaduan warna juga dapat sesuai selera, misalnya warna putih, hijau, dan coklat 
 
Bahan Utama Pembuatan :
    Kuliner bangka - resep kue semprit khas bangka dan cara membuatnya. Resep ini pasti renyah dan lembut.
  • 100 gram kismis
  • 200 gram mentega
  • 150 gram gula halus
  • 2 butir kuning telur1 butir putih telur
  • 1/4 sendok teh vanili
  • 380 gram tepung terigu
  • 40 gram tepung maizena

Cara Membuat :
  1. Rendamlah kismis ke dalam putih telur, lalu sisihkan. 
  2. Ayaklah tepung terigu beserta tepung maizena dan sisihkan. 
  3. Selanjutnya kocoklah mentega, gula halus, kuning telur serta vanili, lalu tambahkan campuran tepung terigu sedikit demi sedikit dan aduk-aduk hingga semua bahan tercampur rata. 
  4. Ambilah adonan yang sudah jadi secukupnya, lalu cetaklah dengan cetakan kue semprit diatas loyang yang sudah diolesi dengan margarin. 
  5. Berilah potongan kismis pada tengah-tengah kue. 
  6. Panggalah kue semprit di dalam oven dengan suhu 170 derajat celcius selama kira-kira 20 menit hingga matang. 
  7. Keluarkan dan biarkan beberapa saat hingga dingin
  8. Simpan kue kedalam toples kedap udara atau di dalam perut anda. hehe...

Demikianlah Resep Kue Semprit Khas Bangka ini dibuat sebagai informasi bagi pembaca online yang ingin mencicipi lezatnya kue semprit. Untuk bentuk kue dapat menyesuaikan dengan cetakan. 
 

RESEP KUE JONGKONG BANGKA MANIS DAN LEMBUT

Catatan :
  1. Kue ini juga dapat dibuat dengan berbagai bentuk sesuai cetakan atau membentuknya seperti bunga dan lain-lain.
  2. Atau anda dapat memberikan warna sesuai dengan selera dengan menggunakan pewarna khusus kue.  
  3. Kue Jongkong adalah kue yang bertekstur lembut menyerupai lembutnya bubur sumsum. Selain itu, jongkong memiliki cita rasa yang khas yaitu manis, lembut, memiliki 3 rasa dan beraroma wangi daun pandan.  
  4. Di Indonesia, khusunya masyarakat sumatera dan rumpun melayu termasuk Bangka Belitung sangatlah akrab dengan kue jongkong ini. Khususnya di Bangka Belitung, untuk menemukan kue ini tidaklah sulit yang dijajakan di tempat penjualan kue yang tersedia di pinggiran jalan di pagi hari atau dijajakan oleh penjual kue keliling. 
  5. Disaat bulan puasa datang, kue ini dapat ditemui disetiap tempat penjualan kue musiman yang berjejer di pinggiran jalan. Saat menjelang berbuka puasa antara jam 15.00 hingga 18.00, anda dapat menemukan kue ini dengan mudahnya yang dikemas dalam gelas plastik.

  6. Kuliner bangka - resep kue jongkong khas bangka dan cara pembuatannya. Kue jongkong atau jungkong memiliki...
    Sumber gambar : patiesseriedeluna,wordpress,com
    Untuk menikmati kue basah tradisional ini tak perlu anda membelinya. Cara membuat kue jongkong pun terbilang mudah, karena bahan pembuatan mudah didapat dan proses pembuatannya pun tidaklah rumit. Sebagai ibu rumah tangga, anda dapat mencobanya di rumah sebagai hidangan untuk si buah hati atau keluarga di rumah.

    Berikut ini adalah resep kue jongkong bangka yang manis dan bertekstur lembut serta kenyal, dipastikan soal rasa dijamin enak. Sebelumnya, ada beberapa adonan yang mesti disediakan untuk membuat 3 lapisan jongkong. Lapisan bawah (gula bewarna hitam merah), lapisan tengah (bewarna hijau) dan lapisan atas (bewarna putih).
     
    Bahan Lapisan Bawah : 
     200  gram gula merah parut halus
     Bahan Lapisan Hijau :
    • 450 ml santan kental, dari 1 butir kelapa parut
    • 50 ml air daun pandan
    • 50 gram tepung beras
    • 1 sdt tepung sagu
    • ½ sdt garam
    • ¼ sdt gula pasir
    Bahan Lapisan Putih :
    • 500 ml santan kental, dari 1 butir kelapa parut
    • 50 gram tepung beras
    • 1 sdm tepung sagu
    • ½ sdt garam
    • ¼ sdt gula pasir

    Cara Membuat :
    1. Lapisan Bawah : Panaskan gula merah dan tambahkan 50 ml air hingga meleleh dan mencair. Aduk rata jangan biarkan hangus. Jika sudah mencair angkat
    2. Lapisan Hijau : Campur semua bahan di panci hingga rata. Masak di atas api kecil sekali sambil diaduk hingga mengental, angkat. Aduk terus hingga mengental.
    3. Lapisan Atas : Masukkan semua bahan ke dalam panci, campur hingga rata. Masak di atas api kecil sekali sambil diaduk hingga mengental, Aduk terus hingga mengental
    4. Untuk penyakian anda dapat menyiapkan gelas hidangan
    5. Taruh 2 Sdm gula merah cair ke setiap gelas.
    6. Masukkan adonan lapisan hijau ke dalam gelas secukupnya di atas cairan gula merah tadi
    7. Masukkan adonan lapisan putih di atas lapisan hijau secukupnya
    8. Sajikan dengan rapi dan tambhakn potongan daun pandan sehingga terlihat seperti pada gambarPenyajian dapat sesuai dengan selera masing-masing. Dapat ditempatkan pada wadah berupa cetakan atau mangkok putih bening.
    Penyajian dapat menyesuikan dengan selera masing-masing. Saat menikmati kue ini, rasakan sensasi dilidah yang memiliki 3 rasa. Cukup mudah kan bunda... 

    Resep Kue Rintak Bangka Belitung Lembut dan Gurih

    Kue rintak adalah salah satu kue khas bangka belitung yang terbilang cukup jadul. Namun ia masih sangat melekat dihati masyarakat bangka belitung hingga kini. Kue ini juga memiliki nama lain yaitu kue sagu dikarenakan bahan utama pembuatannya terbuat dari sagu.
    Untuk menikmati kue rintak, anda dapat menemukannya di toko toko khusus penjualan oleh oleh bangka belitung yang sudah dikemas dalam wadah kotak. Berbicara soal rasa, yang lebih dominan adalah rasa sagu, manis dan menempel dilidah.
    Kue rintak, Jika bunda akan membuat kue ini dapat mengikuti petunjuk resep kue rintak bangka belitung yang lembut dan gurih berikut ini.
    Disaat santai bersama keluarga, sedang berkumpul dengan teman atau mengerjakan sesuatu hal untuk dijadikan camilan, kue ini cocok disandingkan dengan teh maupun kopi. Rasa lembut akan dirasakan ketika menyentuh lidah anda.
    Disaat hari raya idul fitri, kue ini akan sangat mudah ditemui pada rumah rumah penduduk asli bangka belitung, terkadang disajikan dengan minuman kopi sebagai teman untuk mengobrol. Jika bunda dirumah, ingin mengetahui bagaimana rasa sagu yang menyentuh lidah. Bunda dapat membuatnya sendiri dengan mengikuti petunjuk resep kue rintak bangka belitung lembut dan gurih dilengkapi cara membuatnya dengan langkah yang praktis dan mudah berikut ini :
    Bahan Utama Pembuatan : 
    • 750 ml santan kental 
    • 400 gram gula pasir 
    • 200 gram gula merah 
    • 20 lembar daun jeruk 
    • 3 butir telur 
    • 175 gram gula pasir 
    • 1 kg tepung sagu kualitas disangrai terlebih dahulu 
    Cara Membuat : 
    1. Rebus santan bersama gula merah, gula pasir dan daun jeruk menjadi satu. Selanjutnya aduk-aduk hingga rata mendidih dan santan mengental. Angkat dan biarkan dingin. 
    2. Kocok telur dan gula pasir hingga putih dan mengental. Tuangkan santan sedikit demi sedikit hingga tercampur rata. Tuangkan 2 SDM sagu, aduk rata 
    3. Diamkan selama 1 malam. 
    4. Ambil sedikit adonan, beri tepung sagu sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga menjadi adonan yang dapat dibentuk.Giling adonan dan cetak dengan ring cutter cookies berbentuk bunga atau bentuk sesuai selera, letakkan dan susun di dalam loyang yang telah terlebih dahulu dioles dengan sedikit minyak 
    5. Panggang ke dalam oven dengan suhu 160 ° C selama ± 15 menit hingga matang dan kering. Angkat dan biarkan dingin. 
    6. Kue Rintak siap dihidangkan 
    Itulah Resep Kuliner Kue Rintak Khas Bangka yang dapat anda coba di rumah sebagai makanan cemilan.
     
     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar